Halo Nopal, happy (late) 23th birthday :)

 


Ahahahah

Happy (late) birthday to myself.

in outside, aku menampilkan diriku ga begitu tertarik dengan perayaan dan ucapan: aku tiddak tertarik dengan ucapan ulang taun. karena? mungkin karena aku memang dibesarkan tanpa perayaan yang benar-benar berkesan. its just like another day. not less. not more. tapi sebenarnya ya iri juga kalau lihat teman-teman yang lain merayakan ulang tahunnya. yeah. efek media sosial, mbanding-mbandingin.

Tapi beneran sih, aku ga suka perayaan yang terlalu heboh hhh. what i expect, its just small celebration. perayaan, ngga cuma ucapan. ucapan mah siapa aja bisa. bagiku, perayaan kecil sudah cukup. ditraktir temen makan misalnya, dengan kesadaran dia "koe ulang taun kan? aku traktir ya," bagiku, seperti itu lebih berkesan.

Aku sudah berusaha sebaik yang aku bisa buat menginvestasikan momen kayak gitu. Memang dasar nopal yang belum bisa menerapkan konsep "walau kering, bisakah kita tetap membasuh?". Ya, aku berbuat baik tapi masih pamrih, berharap kembali. Aku mentraktir kawan dekatku saat dia ulang tahun. Barangkali kala itu adalah steak pertama yang dia makan seumur hidup. Kita kawan baik, ngga ada masalah. Tapi yaaa.... dia lupa dengan hari ulang tahunku. hhhh. Sedih sebenarnya hahah. Tapi apa pula yang bisa aku harapkan dari kawanku yang satu ini hahah. Sepertinya dia memang terlahir untuk bikin kesal orang, tapi disaat yang sama orang itu akan tetap berkawan dengannya.

Since no one treats you well, i will take that part.

Selamat ulang tahun yang ke-23, Nopal. hahah.

Ini udah akhir maret, dan yak, kita sama-sama tau, bulan biasa-biasa saja. Agak menarik memang, karena duitmu saat ini di dompet tinggal 8 rebu. You are financially broke hahah. Maap aku belum bisa nraktir kamu kayak tahun lalu: beli baju eiger 300k (mahal banget ya kalau dipikir2, liatlah sekarang duitmu cuma 8 rebu).

Aku tidak akan mengawali ini dengan membanding2kan usia dengan pencapaian orang lain. Yak. Kita tau umur 23 udah ngga bocil lagi. Banyak orang sudah kerja dan ngehasilin duit sendiri. Tapi kita sudah sepakat, masing-masing orang punya rel keretanya sendiri-sendiri.

Let's make it reflexively

Apa ya yang sudah berubah dari mu dari tahun lalu?

Maret 2021-Maret 2022

Aku rasa ada beberapa hal yang pantas untuk diapresiasi dari dirimu pal hahah.

Menyelesaikan skripsi tentu saja menjadi salah satunya. Selamat, lu udah ngelarin skripsi, yang lu bikin idenya sendiri dan lu eksekusi dengan baik. Bahkan, dosenmu ngga ragu untuk mengapresiasi. "Penelitian kualitatif terbaik dari mahasiswa S1 dan S2", kira-kira begitu kata beliau.

And well done, IPK 3,32 isn't that bad. Average maybe? but you did your best, right? Buat mahasiswa hiperaktif kayak lu, aku rasa sudah memuaskan. Congratz, your first degree. Soon ditunggu apt. dan S.Sos. nya hahah. Habis itu berburu S2.

What next? Yak, lu berhasi puasa dawud pal. PUASA DAWUD. Alhamdulillah. Kemarin jalan berapa lama ya? kayaknya dari awal tahun gak sih? dan berhenti waktu lu ambil data skripsi di Gunungkidul, sekitar bulan oktober. its fcking 10 months. Sebuah nikmat luar biasa bisa dapet kesempatan buat ngerasain puasa dawud. Lu ngga perlu ragu lagi buat puasa di waktu mendatang pal. Lu sudah pernah melakukannya, dan lu bisa melakukannya lagi. But honestly, puasa dawud kayaknya kurang cocok buat lu yang kurus hahah. kayaknya senin-kamis aja cukup, daripada program menuju berat badan idealmu berantakan.

Kamu juga dapet dosen yang sudah kayak mentor. Dosen pembimbingmu hingga saat ini masih kontak sama kamu untuk melakukan beberapa proyek. Sebuah kesempatan emas bukan? Kamu mencari tempat buat berkembang, dan disanalah tersedia. Kamu harus memanfaatkan wadah itu sebaik mungkin. Janji, OK?

Keep your friendship with your bestie ok? Si bocah cerewet dan kawan sosiolog barangkali menjadi prioritasmu saat ini. Punya kawan dekat itu penting. Paling tidak mereka bisa buat tempatmu cerita dan berinteraksi sama manusia.

Kayaknya itu yang berkesan selama setahun ini dari yang aku ingat.

Harapannya apa ya hahah?

Harapanku sih, cukup dengan mengingat janjimu ke dirimu sendiri. Inget dan tepati itu ya. Hayati. Resapi. Pahami bahwa kamu punya janji yang harus kamu tepati ke dirimu sendiri.

Good luck with another round to the sun.
Be safe, stay alive.

Komentar

  1. Gak nyangka orang yang dulu nulis walkthrough harvest moon ternyata sangat relatable dengan saya. Bedanya saya bukan jenius dan tentunya punya masalah batin yang berbeda. Saya juga tidak cukup berani untuk mengadvokasikan kejujuran, tapi saya selalu berusaha jujur karena ketika berbohong/curang hati saya jadi bener-bener gak tenang. Kadang penasaran, gimana sih orang-orang itu kok bisa bohong/curang tanpa mengganggu ketenangan hati mereka.

    Kalau masalah ultah ini, kurang lebih mirip sih. Saya tiap ultah nggak ada yang ngucapin kecuali ortu karena saya gak punya temen. Tapi ya sudahlah, lagipula tidak ada yang spesial dari ultah, melainkan hanya perubahan angka. Saya juga merasa biasa aja tiap ultah, tapi akhir-akhir ini saat ultah pasti "kencan" dengan diri sendiri untuk selebrasi bahwa saya masih bertahan hidup selama itu setelah menghadapi masa-masa suicidal saya dan berbagai rintangan hidup.

    Saya ngerasakan masa-masa dimana saya memberi perhatian kepada "teman", tapi tidak ada perhatian balik dari mereka. Istilahnya kita jadi people pleaser gak sih kalau dilanjutin. Dari situ saya jadi males untuk mengeluarkan usaha lagi untuk menjalin pertemanan. Saya jadi diem banget, apalagi semenjak saya mulai menerima (mencintai) diri sendiri dengan segala kekurangannya hingga belajar untuk nyaman dengan diri sendiri. Tapi menurut saya, ini adalah kemampuan tersendiri. Kebutuhan sosial saya tentunya tidak setinggi orang lain dan bahkan bisa bertahan lama tanpa interaksi sosial. Itu kelebihan yang oke, terutama karena saya juga suka ketenangan dan suka hidup sendiri jauh dari keramaian. Kalau orang lain mungkin malah bisa jadi gila.

    Saya juga menulis hal-hal seperti yang agan tulis di blog ini, bedanya saya tulis di buku. Alasan saya menulis adalah tidak ada temen bicara. Saya pingin banget ngomong sama orang lain, tapi apa daya. Jadi saya kalau nggak ngomong sendiri ya nulis. Seneng banget nemu orang yang relatable di dunia ini. Saya selalu merasa terisolasi dan asing di dunia ini karena sifat bawaan saya. Tapi agan menyangkal perasaan itu. Thx gan (maaf kalau kesannya malah kayak curhat wkkw).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kawannn Vhael. Saya kaget waktu menemukan notifikasi di surel saya bahwa terdapat komentar di blog gajelas ini setelah sekian lama hhhhh. Sekarang saya jadi penasaran: gimana anda bisa menemukan blog ini??? Soalnya sejauh ini yg iseng mampir kesini hanya kawan-kawan dekat saya. Tapi saya senang menemukan mu disini wkwk.

      Anw. Saya sampai saat ini masih menjadi seorang yang katamu 'people pleaser'. Kalau menggunakan definisi yang lebih positif, aku lebih suka menyebutnya menerapkan ajaran lagu Membasuh, by Hindia. Kalau mau berbuat baik, ya berbuat baik aja tidak perlu berharap imbalan dari manusia. Berharaplah hanya kepada Tuhan yang Maha segala-galanya. Ketika saya merefleksikan kebelakang, sebenarnya apa yang saya berikan ke orang lain itu sudah dikembalikan oleh Tuhan melalui tangan-tangannya. Saya merasa memiliki banyak keberuntungan. Mungkin akan saya tulis di tulisan "Halo Nopal, happy (late) 24th birthday :)" dalam waktu dekat. Saya ulang tahun bulan Maret anw hhhh.

      Oya kalau mau mengobrol lebih sering, silakan mampir ke akun media sosial instagram saya di https://www.instagram.com/falnaufaal/

      Salam kenal!

      Hapus
    2. Waw ternyata masnya juga masih aktif ngeblog ya. Saya telusuri nama saya di internet dan tiba-tiba muncul di blog ini. Saya ternyata pernah komen di salah satu blog masnya, yaitu blog walkthrough harvest moon.

      Saya berhenti jadi people pleaser dari tahun 2021 kalau gak salah, tapi saya tetap belajar konsisten untuk membantu orang lain tanpa mengharapkan pamrih. Sejauh ini masih cukup konsisten, walaupun biasanya hanya bantu kalau dimintai bantuan aja wkwk.

      Saya seratus persen beruntung di banyak aspek kehidupan, tapi saya kadang masih ngeluh karena terlalu fokus pada apa yang dimiliki orang lain hingga "lupa" akan apa yang saya miliki. Saya rupanya harus mengasah skill bersyukur saya wkwk.

      Selamat ultah bulan depan gan haha, salam kenal juga.

      Hapus

Posting Komentar