POTENSI DIRI

Yok.. aku ngisi blog lagiiiiiii
dah lama off gara-gara kebanyakan PR -___-
udahlah langsung aja

ini materi BK kelas X tentang Potensi Diri
ini transcriptnya:

  • POTENSI DIRI AHMAD NAUFAL X-MIA SATU SMA ISLAM HIDAYATULLAH
  • Pengertian potensi Potensi berasal dari bahasa Inggris to potent yang berarti keras, kuat. Istilah lain potensi adalah kemampuan, kekuatan, kesanggupan atau daya baik sudah terwujud atau belum terwujud. Menurut kamus umum Bahasa Indonesia potensi berarti kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.
  • MACAM-MACAM POTENSI DIRI
  • a. Potensi fisik (psychomotoric) adalah organ fisik manusia yang dapat dipergunakan dan diberdayakan untuk berbagai kepentingan pemenuhan kebutuhan hidup. Setiap potensi fisik yang dimiliki manusia mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Misalnya: kaki untuk berjalan, mulut untuk berbicara, telinga untuk mendengar dan lain sebagainya.
  • b. Potensi mental intelektual/intellectual quotient (IQ) adalah potensi kecerdasan yang ada dalam otak manusia. Potensi ini berfungsi untuk menganalisis, merencanakan, menghitung dan lain sebagainya.
  • c. Potensi emosional/emotional quotient (EQ) adalah potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (otak belahan kanan). Potensi berfungsi untuk mengendalikan marah, bertanggung jawab, motivasi, kesadaran diri dan lain sebagainya.
  • d. Potensi mental spiritual/spiritual quotient (SQ) adalah potensi kecerdasan dalam diri sendiri yang berhubungan dengan kearifan di luar jiwa sadar (bukan hanya mengetahui nilai tetapi menemukan nilai. Spiritual quotient dapat terbentuk melalui pendidikan agama formal.
  • e. Potensi Ketahanmalangan/adversity quotient (AQ) adalah potensi kesadaran manusia yang bersumberkan pada bagian dalam diri manusia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan daya juang. Adversity quotient (AQ) adalah faktor spesifik sukses (prestasi) seseorang karena mampu merespon berbagai kesulitan. Melalui AQ manusia mampu mengubah suatu rintangan sebagai penghalang menjadi peluang.
  • Mengembangkan potensi diri
  • “Manusia harus mau BERKERJA KERAS untuk mengembangkan potensi secara OBYEKTIF dan REALISTIS”
  • Obyektif berarti dalam mengembangkan potensi diri harus bersikap jujur, apa adanya, tidak berlebih-lebihan dan tidak mengurangi apa yang telah menjadi kenyataannya. Dengan sikap obyektif ini maka dalam mengembangkan potensi dirinya akan bersikap proporsional, sesuai dengan kemampuan yang ada
  • Sedangkan realistis adalah bahwa dalam mengembangkan potensi diri manusia selalu belandaskan kenyataan. Apa yang kita kembangkan sesuai dengan dengan apa yang ada pada diri kita. Pengembangan potensi diri mem-punyai manfaat untuk mengembangkan nature dan nurture. Apa yang dimaksud dengan nature dan nurture? Nature adalah sikap pribadi manusia yang terbentuk dari pembawaan sejak lahir. Sedangkan yang dimaksud dengan nurture adalah sikap pribadi manusia yang terbentuk karena pengaruh lingkungan.
  • Untuk itu, pengembangan potensi diri berarti berusaha mengembangkan kepribadian yang berasal dari dalam dan dikembangkan melalui interaksi dengan lingkungan kehidupan. Pengembangan potensi sebagai upaya untuk memaksimalkan seluruh potensi yang positif dan meminimalkan seluruh kelemahan yang ada pada diri manusia, yang akhirnya mampu bersikap sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk pribadi maupun sosial atau sebagai makhluk Tuhan
  • Menurut La Rose, pengembangan diri dapat dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu: 1. Bergaul dengan yang bukan satu profesi. 2. Pilihlah teman yang dapat diajak diskusi dan tidak mudah tersinggung, serta mau memberi umpan balik yang sesuai realita. 3. Bersikap dan berpikir positif terhadap sesama. 4. Biasakan mengucapkan berterima kasih. 5. Biasakan mengatakan hal-hal yang menghargai orang lain. 6. Biasakan berbicara aktif
  • Ciri-ciri orang yang berpotensi La Rose (1991:56) menyebutkan bahwa orang yang berpotensi memiliki ciri-ciri-ciri sebagai berikut: a. Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya, b. Memiliki sikap yang luwes, c. Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan, d. Tidak mau menyalahkan orang lain maupun keadaan. e. Memiliki sikap yang tulus bukan kelicikan f. Memiliki rasa tanggung jawab, h. Menerima kririk saran dari luar, j. Berjiwa optimis tidak mudah putus asa.
  • REFRENSI https://www.facebook.com/GudangIlmu/posts/438713016274464
  • TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA ;) WASSALAMUALAIKUM WR. WB. creative-troops.blogspot.com ~Respect and Unity. For All on Deversity 

Print Screen halaman pertama

dan ini linknya slidesharenya: http://www.slideshare.net/Ahmad_Naufal/potensi-diri-materi-bk

Oke, itu saja
semoga saya membantu kalian :)
klo copas jangan lupa sisertai web blog saya eaaa...

-Respect and Unity. For All on Deversity

Komentar