Masuk ke Dunia Desain sebagai Mahasiswa: Sebuah Pendahuluan

Aku saat nge-desain

Selama kuliah ini aku banyak sekali job desain. Orderan masuk satu per satu (tapi gratisan), mulai dari dosen, temen, atau karena ikut ngevent. Padahal kalau dipikir-pikir, aku waktu masuk kuliah ngga punya skill desain sama sekali. Literally megang aplikasi desain semester satu (atau malah dua, agak lupa). and somehow, aku sudah berada di titik dimana beberapa kali menang kompetisi poster dan ngadmin di salah satu organisasi untuk ngurus IG dan desain feedsnya (masih gratisan hahah).

Aku beneran belajar dari 0 sejak masuk kuliah hingga sekarang sudah cukup banyak jam terbangnya. Sering sih ditanyain tipikal maba "mas belajar desain itu gimana ya?","aku harus mulai dari mana mas?","belajarnya lewat channel youtube apa?", duh gimana ya. Aku otodidak weh wkwk, belajar sendiri. Kalau dinget-inget pertama kali ngedesain karena masuk tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bareng kating dari pertanian. Waktu itu aku cowok sendiri, dan biasanya yang ngedesain-desain cowok kan wkwk. Njuk aku yang dapet job desain poster untuk ditampilin pas monev eksternal PKM. Ini nih poster pertamaku:

Poster PKM didanai 2018 (Ahmad Naufal, Tsalitsa Himma Ulya, Fetri Bariqi Almaas)

Masih simpel banget hahah. Tapi keren sih udah pake isometrik segala. Poster ginian aku inget banget mbuatnya lumayan lama karena emang baru pertama kali megang corel. Itu grafiknya aku pake power point njuk di save as png baru di insert ke corelnya.

Habis itu ngga dilanjutin lagi PKM nya karena kita ngga masuk PIMNAS pas itu, tapi seneng banget sih pas maba punya proyek penelitian yang didanai. Mana yang inisiasi tim nya aku pula wkwk. Kapan-kapan aku bakal cerita soal #SemangatMaba ku dan cerita soal PKM ku sampai masuk PIMNAS di lain post :)

Semester berikutnya, aku ada suatu matkul BIPI yg ada tugas yg nyuruh mbuat poster gitu njuk di presentasiin. Waktu itu aku pakai template posteku pas PKM sebelumnya, jadi kayak gini posternya:



Njuk waktu itu posterku dapet voting poster terbaik di kelas. Seneng dong pastinya hahah. Habis itu aku ngajak temenku buat ikut lomba poster ilmiah di Fakultas Kedokteran - Universitas Tanjungpura. Pake poster ini:

Poster Ilmiah lomba pertama aing, TMSC 2019 (Ahmad Naufal, Arief Putra Ananda, Afivah Dewi Anggraini)
dan yak, kita menang dongg dengan nilai poster tertinggi wkwk. Tapi menangnya Juara 2 karena jg ada presentasinya

pertama kali ngerasain dapet duit wkwk

Eh sebelumnya aku juga ikut panitia farmasi cup 2018 deng. Masuk di devisi Dekorasi Dokumentasi. Disitu bagian desainku ngga banyak sih. Cuma dapet job desain co-card, sisanya aku bagian dekorasi acara kayak Malam Atlet, atau mbantuin dekor konsernya. Sama dapet bagian motret2 pas kompetisi futsal-basketnya juga sih. Ini desain co-card yg aku buat:

WKWKW WAJAH WIBU BANGET
Semenjak ngerasain menang di TMSC 2019, aku jadi ketagihan ikut lomba sih. Utamanya yang desain-desain. Beberapa kali juga diminta mbuatin poster untuk conference dosen atau temen, njuk juga jadi tim desain di organisasi

1. Global Entrepreneurship Youth Summit 2019
Ngga cuma poster, bisa juga mbuat ppt yang ciamik! (iya, ini aku bikin ppt tp pake corel wkw)
Keren kan tampilannya, udah kayak acara startup beneran wkwk. in pic: Nadya Anggraini presenting Life-Lighter on MaGIC Malaysia.

Dulu aku pernah tertarik banget sama dunia start-up, sampe punya ide sendiri untuk ngembangin start-up kesehatan. Njuk di awal tahun 2019, ngajak temen di Gama Cendekia -Nadya Anggraini, buat ikut kompetisi di Malaysia. Aku bagian konseptor dan desainer, Nadya bagian presentasinya. Kita lolos ke final tapi akunya ngga bisa berangkat ke Malay soalnya ngga dibolehin orang tua (padahal udah beli tiket pesawat). Njuk akhirnya Nad berangkat sendiri ke Malay, dan kita telpon2an lewat line buat latihan presentasi wkwk. Alhamdulillah disitu kita dapet juara 3 :)), lumayan dapet duit ringgit dan insentif dari UGM buat kompetisi tingkat internasional :))

Lewat kompetisi ini juga aku mulai kenal sama namanya mock-up, yang cocok banget buat mamerin konsep produk.

2. Lomba Ide Start-Up Nasional di Jakarta
Ide yang sama aku ikutin kompetisi lagi di sebuah acara seminar nasional salah satu PTS di Jakarta. Kompetisinya ngga begitu terkenal sih, tapi hadiahnya gede banget :". Disini aku jadi desainernya dan Nad yang berangkat ke Jakarta buat presentasi. Waktu itu kayaknya aku lagi ada ujian jadi ngga bisa berangkat. Eh, kita juara 1 dong hehe. Lewat lomba ini aku dapet hadiah terbesar sampe saat ini.

3. Pekan Ilmiah Mahasiswa ke-32, Bali
Poster PIMNAS 32 (Marina Elsaida Harianja,Mila Hanifa, Ahmad Naufal)
Tim PKM ku di CCRC berhasil nembus ke PIMNAS, dan mulai saat itu kita dikarantina buat persiapan sama pihak UGM. Dan itu berat banget latihanya hahah. Buat aku yang jadi desainer poster, kudu revisi puluhan kali :"
Kalau kata selebgram: "MO MENINGGAL"
REVISI TEROOOSSS WKWK. Iya itu di folder poster Pimnas sampe ada 50 file. Tapi worth it sih, aku banyak belajar soal desain poster ilmiah lewat gemblengan persiapan PIMNASnya UGM. Ngga nyesel sih :)) Yak meskipun begitu, aku ngga dapet medali pas PIMNAS. Sedih sih hahah, tapi juga udah seneng banget bisa sampe PIMNAS.

4. Lomba yang ngga menang, Hypothalamus FK UNJ :)
Pakai template PKM 2018 lagi
Jangan dikira disaat saia lomba desain selalu menang ya, Ferguso! Pernah kalah juga, dan itu nyesek sih sebenernya. Karena kerjaan desain itu ngehabisin berjam-jam hahah. Tapi gak apa sih, buat belajar juga. Sebenernya disini tim ku dapet nilai paling tinggi di desain poster, tapi nilai presentasi kita anjloookk aowkaowa. Njuk di nilai akhir kita dapet urutan ke 4. Dikit lagi sih :"

5. Conference dan Pameran
BICFH 2019 ITB, pakai template PKM 2018

JCA 2019, NAIST Japan

PIMNAS Ke-32, Bali
Poster CCRC untuk Expo Fakultas di Grha Sabha Pramana UGM
Kadang diminta buat desain conference dari dosen atau temen sesama mahasiswa. Disini aku belajar kalo poster conference internasional itu gayanya beda sama poster-poster ilmiah di Indonesia. Contohnya yang poster buat JCA Jepang, itu polos banget sih hahah. Baru tau aku. Mahasiswa senior di CCRC juga cerita kalau orang Jepang bikin poster buat conference biasanya pakai power point wkwkw xD. Unik sih.

6. Organisasi
Postingan Kastrat BEM KM Farmasi

Postingan Instagram CCRC

Waktu aku di departemen kajian strategis dan eskalasi isunya BEM KM Farmasi, jadi orang yang diminta jd desainer juga. Karena udah lumayan sering ndesain-ndesain gitu. Sekarang juga megang instagramnya CCRC buat ngadmin sekaligus yang ndesain feedsnya. Diawal banyak dibantu Syauqi sih buat bikin graphic standard manualnya, tapi makin kesini aku ngga bisa koordinasi sama dia karena kesibukanku sendiri.

7. Katalog ala-ala




Sebenernya aku cuma diminta bikin desain jaket gitu, tapi aku be like: "Hmmmm, kenapa ngga sekalian mbuat katalog ya??" dan kemudian aku memulai merepotkan diri sendiri. Tapi seru sih ndesain kayak ginian :D

Pernah juga iseng mbuat stori produknya torch.

8. Desain Buku

Pernah diminta mbuatin desain cover buku juga. Aku suka sih ini desainnya simple gitu

9. Ikan Sepat, Ikan Tenggiri. Selamat Hari Raya Idul Fitri~


10. Wallpaper Penyemangat

Aku pengen banget kuliah S2 di Belanda hahah. Doakan ya gess
versi buat HP

10. DLL,
daaan lain-lain. Banyak sih file desain ku di laptop. Pernah iseng search di laptop file ekstensi cdr di laptop dan ketemu 300+ dokumen :". Itu include file-file revisi juga sih. Tapi ada juga yg satu file isinya 30++ desain kayak misalnya buat feednya ccrc.

Dua-tiga tahun masuk ke dunia desain sebagai mahasiswa banyak memberi suka duka sih hahah. Sukanya pasti bisa ikut lomba desain, bisa punya skill yang di era digital macem gini dibutuhin banget, sering diminta tolongin juga buat ndesain ini itu. Dukanya sih kadang adaaa aja orang-orang yang kalau minta tolong ngga ada adabnya wkwk xD. Misal minta desain pas minggu ujian njuk aku kudu terbelah fokusnya, atau kontennya kurang/ngga ada njuk aku kudu ikut baca papernya buat dimasukin poster. Atau pas laptop saya ngambek dan not responding, duh pengen nangis rasanya hahah. Ya gimana yak, ini laptop harga 4jutaan doang diminta ndesain terus-terusan. Kadang bisa sampe aku marah-marah sendiri kalau laptop udah mulai lemot.  Pengen banget ada yang ngasi give away macbook pro gitu biar aku bisa ndesain dengan bahagia. Selain itu sejauh ini aku ndesain secara suka rela sih, ngga pernah minta dibayar. Tapi itu juga karena aku dibantu di lain hal, misal aku pribadi banyak belajar dari CCRC njuk aku bisa sukarela ketika diminta ndesain-in sesuatu buat CCRC. Ada juga yang temen minta desainin sesuatu buat conference, njuk aku dibawain oleh-oleh dari situ. Lumayan sih :))



Komentar